Phone: +62 411 841457       Senin-Sabtu: 08:00 - 17:00      support@baktihuria.co.id

KSP BAKTI HURIA - Fintech

KSP Bakti Huria Bergegas Benahi Fintech

KSP Bakti Huria

Anggota & Calon Anggota: 20.614 orang
Tgl Badan Hukum: 23.12.2013
Layanan: Simpanan, Pinjaman & Simpanan Berjangka
Ketua: H. Andi Amri, S.Sos, MM
Website: www.baktihuria.co.id

KSP Bakti Huria Sul-Sel Bergegas Benahi Fintech

Tak ingin tertinggal dengan percepatan informasi teknologi yang merambah pesat, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bakti Huria bergegas benahi mutu layanan dan manajemen setara perbankan. Melalui aplikasi U-mobile, anggota dapat bertransaksi secara online. Upaya ini sekaligus membangun kebanggaan berkoperasi serta mendidik anggota melek financial technologi (fintech).

“Anggota bisa transaksi langsung, baik Tarik maupun setor dana melalui handphone. Koperasi sudah menginvestasi dana cukup besar untuk teknologi dan pemgembangan SDM agar dapat melayani anggota secara maksimal,” kata ketua KSP Bakti Huria Andi Amri dalam rapat anggota tahunan KSP Bakti Huria, Selasa (28/3/17) di Makassar. RAT ke 14 Tahun buku 2016 itu dihadiri sebanyak 850 orang anggota berasal dari 24 cabang yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Sulawesi selatan.

Sejak dua tahun terakhir, KSP Bakti Huria melakukan transformasi serius dalam kebijakan pelayanan anggota. Intinya, lanjut Andi, pihaknya menyadari koperasi hanya mampu bertahan jika didukung oleh partisipasi anggota. “Dalam tiga tahun ke depan, kami ingin menambah jumlah anggota dan calon anggota hingga 20 ribu orng dengan simpanan mencapai Rp 100 miliar sehingga dapat membiayai 100.000 UMKM.” Tutur Andi Amri lagi.

Untuk mencapai target tersebut, selain mengembangkan berbagai produk tabungan, Bakti Huria juga serius mengembangkan layanan berbasis teknologi modern. Saat ini Bakti Huria telah menggunakan sarana telepon pintar (Smartphone) dan printer bergerak (Printer Mobile) atau disebut U-Mobile yang tersambung secara langsung (online) dengan computer dikantor cabang terdekat. Melalui teknologi canggih itu, transaksi setoran tabungan maupun angsuran pinjaman dapat dilakukan secara real time online ke database KSP Bakti Huria. Perangkat ini dapat mengeluarkan struk/ bukti angsuran maupun setoran tabungan yang sah sehingga memudahkan dan menjaga keamanan setiap transaksi.

Sepanjang tahun 2016, koperasi dengan 3.527 anggota dan 17.087 calon anggota ini berhasil menyalurkan pinjaman sebesar Rp 94.108 miliar naik 9,33% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp.86,075 miliar.

Berbekal kinerja usaha yang positif itu, ketua pengawas KSP Bakti Huria, Andi Faisal Bakti, mengajak para anggota memperhebat kinerja usaha sehingga koperasi mampu jadi yang terbaik di sulsel. “Kita akan lewati dua koperasi besar lainnya, yaitu Balota Toraja dan KSP Berkat Bulukumba, namun itu hanya bias dicapai melalui kerja keras, cerdas, dan pantang mengeluh, guna mewujudkan misi kita bersama yaitu menyentuh (UKM) yang tak tersentuh (perbankan),” pungkasnya.

Sumber: Majalah Peluang - Nomor: 85 Edisi April 2017 - (Irsyad Muchtar).